Tips merawat Arwana Super Red

Kelalaian adalah sumber malapetaka bagi penggemar. Sekali saja lalai tidak mengontrol aerator akuarium, bisa-bisa arwana mati. Apalagi ceroboh, tentu lebih fatal akibatnya. Maka bagi penggemar yang sungguh-sungguh mencintai arwana, pastilah memperhatikan seluk-beluk di sekitar perawatan. Harapannya, agar arwana dalam akuarium bisa tampil anggun dan asri. Lantas apa yang harus dilakukan?

1. Perhatikan peralatan aquarium
Berhasil tidaknya akuarium menjadi tempat yang nyaman bagi ikan arwana, sungguh dipengaruhi oleh kelengkapan sarana pendukungnya.

Aerator
Fungsi aerator atau pompa udara adalah menyuplai udara ke dalam air akuarium, dan sekaligus menguapkan atau mendorong hasil sisa-sisa pembakaran ke luar dari akuarium. Aerator dikatakan baik, jika arus listrik yang menggerakkannya kecil, tetapi udara yang ditiupkannya relatif banyak.

Heater & Thermometer
Alat pemanas (heater) ini diperlukan terutama pada waktu suhu air akuarium turun drastis. Sedangkan alat pengontrol suhu air atau termometer juga dipasang dalam akuarium. Di daerah dingin, heater dan termometer ini sangat dibutuhkan.

Filter
Fungsi filter atau penyaring untuk menyaring air dalam akuarium. Kerja filter mencakup ini untuk menyedot air akuarium, menyaring, dan mengembalikannya lagi ke dalam akuarium dalam kondisi bersih.

Lampu TL
Keberadaan lampu TL, selain menyinarkan cahaya, juga sanggup mempercantik penampilan akuarium. Tapi, jangan sampai sinar lampu TL justru menimbulkan panas yang melebihi kebutuhan. Idealnya untuk akuarium seluas 80×40 cm memerlukan lampu TL berdaya 20 watt.

2. Rajin melakukan perawatan akuarium
Mau tak mau jika Anda terlanjur mencintai ikan arwana dalam akuarium, cukuplah rajin melakukan perawatan. Sebab déngan demikian itu, penampilan arwana dalam akuarium tampak sehat, segar, dan menyenangkan.

Pemberian makanan
Menu utama arwana dalam akuarium adalah kelabang. Tapi jangan terus- menerus diberi kelabang, sebaiknya divariasi déngan makanan lain. Contohnya: udang, kecoa, katak, lipan, kadal, maupun jangkrik.

Pengontrolan & pergantian air
Setiap hari diwajibkan mengontrol suhu dan pH air. Adapun suhu air ideal bagi ikan arwana sekitar 25-27 derajat Celcius. Andaikata suhu air dingin, segera nyalakan heater hingga suhu air sesuai kebutuhan. Sedangkan pH yang dikehendaki sekitar 6-8,5. Andaikata pH terlalu rendah, maka tambahkan kapur ke dalam akuarium. Selain itu, sanitasi air perlu diperhatikan pula, silakan mengobati air akuarium déngan Malachite green, déngan frekuensi 3 minggu sekali.
Dan jangan lupa, air akuarium juga diganti. Namun pergantian air dipilahkan menjadi dua, yakni: (a) pergantian air secara reguler setiap 2 hari sekali dengan volume 10% dari seluruh volume air akuarium, dan (b) total pergantian air dilakukan setiap 3 bulan sekali. Jika Anda menggunakan air PAM, sebaiknya dibiarkan 24 jam terlebih dahulu agar kandungan khlor mengendap, dan setelah itu bisa dimasukkan ke dalam akuarium.

3. Penataan interior akuarium
Kehidupan di dalam akuarium adalah replika lingkungan hidup di alam bebas. Oleh karena itu, perlu penataan interior dalam akuarium. Ini berarti menuntut apresiasi estetika, sehingga perpaduan antara keindahan akuarium dengan anggunnya ikan arwana sanggup menampilkan nuansa kesejukan yang harmonis.

Tanaman air
Mengingat asal-muasal ikan arwana yang suka bersembunyi di bawah tanaman air, maka kita pun siap menyediakan tanaman dimaksud. Ada beberapa jenis tanaman air yang dapat dipilih antara lain: Vallisneria spiralis, Hidrilla verticillata, Riccia fluiutana, Higrophila polisperma, Pistia stratiotes, Najas indica, dan sebagainya.

Pasir batuan
Pasir digunakan sebagai landasan peletakan batuan. Sebaiknya digunakan pasir sungai, yang masih bercampur dengan humus. Di samping itu, diberi juga batuan dan termasuk karang-karangan. Ukuran batu idéal berdia meter 3 mm. Batuan tersebut memiliki berbagai corak dan warna yang beragam namun tetap indah.

24 Responses to “Tips merawat Arwana Super Red”

  1. Kalebarkab Says:

    I want to find good pop music. Help me please.

  2. julkifli Says:

    mau tanya ni, bagaimana cara me,percepat pertumbuhan ikan arwana?

  3. Asep Says:

    mau tanya ni, perbedaan antara banjar red ma golden red ap??

  4. rizki Says:

    permisi gan,,numpang tanya,,
    kira2 ada ga makanan instan buat Super Red??

  5. Thur Adam Says:

    boss tlg ksh tau dong harga arwana uk 10 cm dr jns silver sampai red super

  6. ferianto Says:

    thaks infonya …saya mau mulai bisnis ikan arwana neh buat tabungan nikah nanti….xixixixixi cukup untuk uang asap jada dak repot-repot cari uang buat nikah..kan harga arwana mahal banget

  7. agus sidi Says:

    haloo pencinta arwana, saya mohon info bagaimana caranya mencegah supaya air aquarium tidak berlumut / warnanya hijau

  8. cuks smiley ginting Says:

    maw numpang tnya ne…
    gmna cara numbuhin balek kumis ikan arwana batik….??

  9. cuks smiley ginting Says:

    brapa harga standart ikan arwana yang super red..???

  10. budiono Says:

    ♏ªÜ tanya kalo beli arwana super red ƴğ harga agak miring dimana ‎​γά庰˚˚°º:$≈º;)º°˚*(y),

    Trims

  11. IKAN ARWANA Says:

    [...] banyak tips-tips mengenai memelihara ikan arwana seperti disituswww.jakapetir.blogspot.com maupun www.limakaki.wordpress.com dan saya tidak akan mengulangi tips-tips [...]

  12. yudi Says:

    cara mempercepat warna merah arwana bgmn?? saya udah menggunakan lampu matahari tp kok belum merah ya?

  13. martin Says:

    ahh…. cara dan perawatan sangat bagus
    saya bisa tau ini semua

  14. mat Says:

    Aro SR saya sudah 9 bln yg penting aerator dan filternya berfungsi baik pasti lancar2 aja tuh trus penyinaran dgn lampu baiknya menggunakan lampu husus yg diperuntukan arwana pasti sehat deh

  15. mat Says:

    Jgn menggunakan bebatuan di dasar aguarium atau segala macam hiasan di dalam aquarium karna akan mempersulit kta membersihan kotoran yg penti bagian belakang akuarim di tutup dgn warna gelap agar wana SR akan nampak timbul kalau lampunya di nyalakan trus bagian atasnya jgn sampai terbuka karna aro senengnya loncat

  16. rizqi Says:

    klo kumis arwana hilang 1, apakah bisa tumbuh lagi?
    makasih..

  17. arif tamba Says:

    mau nanya kk,saya mgkn pemula memelihara arwana..
    saya blm bs mengetahui lbh detail cara”nya..
    saya sdh prnh memelihara arwana super red,irian dan silver..
    tp semuanya mati..apa krn saya pemula dan krg memahami crnya..
    tp semuanya mati dgn cara yg sama,yaitu awal”mereka selera mkn yg saya berikan..tp dihari 3 dan 4 mereka mulai tdk selera..
    terkadang lbh sering ngambang diatas dan tdk mau mkn..
    trus tdk mau mkn..apa ya penyebabnya?
    terima kasih

  18. arif tamba Says:

    mau nanya kk,saya mgkn pemula memelihara arwana..
    saya blm bs mengetahui lbh detail cara”nya..
    saya sdh prnh memelihara arwana super red,irian dan silver..
    tp semuanya mati..apa krn saya pemula dan krg memahami crnya..
    tp semuanya mati dgn cara yg sama,yaitu awal”mereka selera mkn yg saya berikan..tp dihari 3 dan 4 mereka mulai tdk selera..
    terkadang lbh sering ngambang diatas dan tdk mau mkn..
    apa ya penyebabnya?
    terima kasih

  19. mareta kusuma Says:

    Awalnya saya pelihara pino, mati krn pake air sumur bor, lalu beli pino lg pake air galon biar aman, kemudian saya tukar dengan super red chili, mati gara2 pake lampu UV yg bukan buat ikan, lalu skrg saya pelihara blood, skrg ikan sudah 25cm, gemuk dan sehat. Cuma warnanya kurang memuaskan. Saya sudah pake heater 25c, lampu uv khusus arwana 80cm, dan filter. Aquarium 120 x 60 x 80, mohon tips nya

  20. blog dofollow indonesia Says:

    mantap tipsnya gan,,, sangat bermanfaat.

    http://blogdofollowindonesia.com

    Directory khusus untuk blog dofollow indonesia. Dapatkan rangking tinggi. Submit wen/blog Anda sekarang gratis tanpa daftar, tanpa reciprocal link.

  21. Ayu Says:

    info donk, klo ikan arwananya menangkap makanan tidak tepat selalu meleset.
    Apakah ada kelainan dengan ikan arwana ku.
    memang matanya agak sedikit turun, dan sudah ditaru bola untuk membantu mata turun nya.Apakah ada cara lain.
    Thx. Ayu

  22. budibudibudi Says:

    bagaimana cara kita membedakan super red chili sewaktu masih anakan
    thank’s u infonya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: