Tips Memilih Mobil Bekas

Mobil bekas

Memilih mobil bekas adalah pekerjaan yang tidak gampang, sangat membutuhkan ketelitian. Karena namanya juga bekas, pasti banyak bagian-bagian yang sudah rusak atau memiliki cacat. Mungkin sudah banyak yang tahu dan bukan rahasia umum bahwa memilih mobil bekas harus memperhatikan mesin, bagaimana suara mesin, ada oli yang rembes atau tidak dsb. Selain itu juga yang harus diperhatikan adalah masalah body, bagaimana cat nya, banyak yang sudah didempul atau belum, dan masih banyak lagi hal-hal yang harus diperhatikan.

Kali ini yang akan saya tulis adalah bagaimana tips memilih mobil bekas, untuk mengetahui apakah chasis mobil bengkok atau tidak. Tips ini tidak ada jaminan bahwa memberikan hasil yang benar 100% akan tetapi paling tidak bisa dijadikan alternatif bagaimana kita memilih mobil bekas.

  1. Cobalah untuk memakai kendaraan pada jalan yang lurus dan rata, rasakan kestabilan mobil. Coba untuk menikung ke kiri dan ke kanan, apakah semuanya stabil.
  2. Lihat tie rod antara kiri dan kanan, apakah setingannya sama ? caranya salah satunya adalah dengan melihat atau mengukur panjang  tie rod antara roda kiri dan kanan, apakah jarak antara roda dan pemegang tie rod mempunyai jarak yang sama? atau dengan mudah dapat kita ukur jarak ulir sisa antara pemegang tie rod roda kiri dan kanan.
  3. Apakah kalau kita lepaskan stir pada jalan lurus mobil tetap berjalan lurus?
  4. Apabila langkah 2 dan 3 sudah oke maka ke langkah ke empat.
  5. Cari seutas tali , bisa benang atau tali rafia, minta tolong orang lain untuk memegang tali tersebut pada ujung belakang roda belakang kemudian kita memegang tali tersebut didepan mobil. Gerakkan tali tersebut secara pelan-pelan sampai tali tersebut menyentuh bagian depan roda belakang. Jadi tali tersebut menyentuh bagian belakang dan bagian depan roda belakang. Untuk mobil dengan chasis yang lurus, maka tali yang kita pegang di depan akan menyentuh roda bagian depan. Jika ada selisih antara roda depan dan belakang, bisa dipastikan bahwa chasis mobil tersebut tidak lurus.

Kesimpulan : kalau stir kita lepas pada jalan lurus tetap jalan lurus, jarak tie rod dari roda ke pemegang sama, kita ukur dengan benang ada selisih, kemungkinan besar chasis tidak lurus.

NB: Tips ini berdasarkan pengalaman, tidak bisa dipakai sebagai acuan yang memberikan hasil 100%. Jadi tidak boleh komplain terhadap hasilnya ya…

4 Responses to “Tips Memilih Mobil Bekas”

  1. Joni Says:

    Sekedar info aja, kalo mau beli mobil bekas atau iklanin mobil bekas tanpa biaya, coba deh http://www.jual-beli-mobil-bekas.com

  2. mumu Says:

    nyeselll bacanya… klo nyaran yang yakin…! trus cek tankinya.. intipp… gak keliatan gelap. terangin dengan senter… jangan pake mancisss.. Blup! terbakar dech!

  3. uii Says:

    lets go to http://uii.ac.id/ …….!!!!!

  4. Ratana Says:

    Terima KAsih Artikelnya..
    Menarik…
    Saya Pinjang ya bro….

    Terima Kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: