Tips memilih tomat

Tomat merupakan buah yang tidak asing lagi bagi masyarakat secara umum, terutama yang gemar memasak. Buah ini mudah didapatkan di pasar dalam keadaan yang masih segar. Akan tetapi tidak semua orang tahu cara penanganan tomat setelah dipetik agar kondisi tomat senantiasa segar mulai dari dipanen sampai dengan sesaat akan dikonsumsi. Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih, menyimpan, membekukan dan mengeringkan tomat yang praktis dapat dilakukan oleh kita semua:

Cara memilih tomat :
1. Pilih tomat yang belum begitu merah agar awet disimpan, kecuali bila tomat akan segera dimasak.
2. Pilih tomat yang beratnya sesuai dengan besarnya. Tomat seperti itu mengandung banyak air.
3. Pilih tomat yang bulat, permukaan kulitnya halus, tidak berlekuk-lekuk, atau retak. Hindari tomat yang telah rusak, berjamur dan busuk
4. Pilih tomat yang selain berwarna merah, juga terasa segar dan padat di tangan.

Cara menyimpan tomat :
Tomat tidak cocok disimpan di dalam lemari es. Suhu di bawah 10oC seperti di dalam lemari es akan mengganggu kematangannya. Tomat akan menjadi merah dalam lemari es, tetapi tidak lagi mengandung banyak air dan rasanya pun tidak manis lagi. Karena itu rasa tomat yang disimpan dalam suhu udara biasa di dapur akan jauh lebih lezat dibandingkan dengan yang disimpan dalam lemari es.
Jika mempunyai tempat penyimpanan tomat yang bersuhu antara 12,8oC -21oC, maka tomat yang tua dan menjelang merah dapat disimpan dalam jumlah banyak selama 4-6 minggu. Tiap minggu atau tiap saat yang telah merah dapat berangsur-angsur dikeluarkan untuk dimasak atau dikonsumsi secara langsung.
Tomat kalengan dapat disimpan pada udara segar dan kering selama 6 bulan. Apabila tomat kalengan dibuka dan tidak habis dikonsumsi, sisanya sebaiknya segera dipindahkan ke dalam wadah yang terbuat dari gelas atau plastik yang bersih kemudian dimasukkan ke dalam lemari es. Wadah tomat yang tidak diganti akan mengakibatkan tomat berbau kaleng. Tomat yang telah dibuka masih dapat disimpan selama 1 minggu.

Cara membekukan tomat :
Tomat dapat dibekukan dalam bentuk utuh atau telah diiris-iris di dalam kantong plastik tertutup di dalam freezer. Bila dikeluarkan dari freezer tomat akan menjadi seperti bubur, tetapi rasanya tetap enak untuk dimasak sebagai hidangan sup atau saus tomat. Untuk keperluan masakan lain, tomat hasil bekuan tidak dapat menggantikan tomat segar. Kelebihan saus tomat dapat dibekukan sampai 2 bulan dalam wadah yang tertutup rapat dalam freezer.

Cara mengeringkan tomat :
Tomat dapat diawetkan dengan cara mengeringkannya dengan cahaya matahari. Caranya, tomat dibelah menjadi 2 bagian, kemudian dijemur di atas kawat kasa atau penampi, jemur sambil dibolak-balik sampai kering. Selama pengeringan harus dijaga dari kebasahan. Tomat kering yang diolesi minyak zaitun rasanya lezat dan dapat disimpan dalam lemari es selama 6-9 bulan dalam wadah kering dan tertutup.

Posted in Buah Buahan. Tags: . 2 Comments »

2 Responses to “Tips memilih tomat”

  1. infogue Says:

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/tips_memilih_tomat

  2. rozi679 Says:

    salam..
    saat ini saya menjual CD cara bertani tomat yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: