Iphone 3g generasi baru dari Apple

SAN FRANSISCO, SENIN – Apple akhirnya merilis iPhone generasi kedua yang telah mendukung jaringan 3G dan HSDPA (high speed downlink packet access). Bahkan, smartphone yang mengandalkan layar sentuh sebagai platform utama ini akan tersedia dengan harga lebih murah daripada versi pertama.

“iPhone dimulai dengan 599 dollar AS. Sekarang dijual 399 dollar AS. Kami ingin membuatnya lebih terjangkau,” ujar Steve Jobs, CEO Apple saat meluncurkan iPhone baru pada Apple’s Worldwide Developers Conference di San Fransisco, AS, Senin (9/6) waktu setempat. Ia mengatakan demikian karena menurutnya harga merupakan alasan utama konsumen tidak membeli iPhone generasi pertama.

iPhone generasi kedua yang diperkenalkan sebagai iPhone 3G ini akan tersedia mulai 11 Juli 2008 di 22 negara dan akan terus bertambah hingga 70 negara. Apple memberikan dua pilihan, masing-masing model dengan media penyimpan 8 GB seharga 199 dollar AS dan model dengan 16 GB seharga 299 dollar AS.

Tidak hanya murah. iPhone terbaru juga dilengkapi sistem navigasi GPS yang sudah dilengkapi aplikasi layanan berbasis lokasi (location based services) melalui jaringan seluler. Jobs mengatakan dengan 3G, iPhone dapat digunakan untuk mengunduh konten melalui Internet hingga tiga kali lebih cepat daripada versi sebelumnya.

iPhone versi pertama banyak dikritik karena hanya mendukung jaringan 2G. Menjawab keluhan tersebut, Jobs mengatakan saat iPhone didesain pertama kali, chip yang dapat digunakan pada jaringan berkecepatan tinggi berukuran terlalu besar dan menghabiskan daya besar. Apple akhirnya memutuskan untuk menunggu sampai teknologi chip baru sesuai dengan desain iPhone yang ramping.

Apple telah menjual lebih dari 6 juta iPhone sejak diluncurkan setahun lalu dan menguasai pangsa pasar smartphone sebesar 20 persen di AS, namun hanya 5 persen di dunia. Sampai akhir tahun ini, Apple menetapkan target penjualan iPhone menembus 10 juta unit.

Sayang, iPhone sepertinya belum akan secara resmi masuk ke pasar Indonesia. Dari 22 negara, negara terdekat yang dapat dijangkau dari Indonesia adalah Australia. Sementara negara di Asia Tenggara, hanya Singapura dan Filipina yang dijangkau.

Posted in Handphone. Tags: . 1 Comment »

One Response to “Iphone 3g generasi baru dari Apple”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: